Upload files to "/"
This commit is contained in:
commit
27706d6c0c
54
Punya_adlan_Titik Dalam Segiempat.py
Normal file
54
Punya_adlan_Titik Dalam Segiempat.py
Normal file
@ -0,0 +1,54 @@
|
|||||||
|
|
||||||
|
import winsound
|
||||||
|
|
||||||
|
frequency = 2500
|
||||||
|
duration = 1000
|
||||||
|
winsound.Beep(frequency, duration)
|
||||||
|
print('Created by adlan')
|
||||||
|
print('')
|
||||||
|
|
||||||
|
def is_point_in_polygon(x, y, polygon):
|
||||||
|
n = len(polygon)
|
||||||
|
inside = False
|
||||||
|
px, py = x, y
|
||||||
|
|
||||||
|
for i in range(n):
|
||||||
|
j = (i + 1) % n
|
||||||
|
xi, yi = polygon[i]
|
||||||
|
xj, yj = polygon[j]
|
||||||
|
|
||||||
|
intersect = ((yi > py) != (yj > py)) and \
|
||||||
|
(px < (xj - xi) * (py - yi) / ((yj - yi) + 1e-10) + xi)
|
||||||
|
if intersect:
|
||||||
|
inside = not inside
|
||||||
|
|
||||||
|
return inside
|
||||||
|
|
||||||
|
def process_input(data_lines):
|
||||||
|
results = []
|
||||||
|
for line in data_lines:
|
||||||
|
|
||||||
|
line = line.replace(",", " ")
|
||||||
|
nums = list(map(float, line.strip().split()))
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
zx, zy = nums[0], nums[1]
|
||||||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
polygon = [(nums[i], nums[i+1]) for i in range(2, len(nums), 2)]
|
||||||
|
|
||||||
|
if is_point_in_polygon(zx, zy, polygon):
|
||||||
|
results.append("YA")
|
||||||
|
else:
|
||||||
|
results.append("TIDAK")
|
||||||
|
return results
|
||||||
|
|
||||||
|
data_input = [
|
||||||
|
"1,1 2,2 4,2 4,4 2,4",
|
||||||
|
"0,0 0,5 8,5 8,0 0,0",
|
||||||
|
"0,0 0,5 8,5 8,0 0,0"
|
||||||
|
]
|
||||||
|
|
||||||
|
hasil = process_input(data_input)
|
||||||
|
for i, res in enumerate(hasil, 1):
|
||||||
|
print(f"h#{i}: {res}")
|
37
README.md
Normal file
37
README.md
Normal file
@ -0,0 +1,37 @@
|
|||||||
|
|
||||||
|
# Titik Dalam Segiempat
|
||||||
|
|
||||||
|
Program ini digunakan untuk menentukan apakah suatu titik berada **di dalam** atau **di luar** segiempat pada bidang koordinat 2 dimensi.
|
||||||
|
|
||||||
|
## Penjelasan Singkat
|
||||||
|
|
||||||
|
Sebuah segiempat dapat dinyatakan dengan 4 buah titik sudut. Diberikan satu titik lain (misalnya titik Z), kita ingin mengetahui apakah titik Z ini terletak di dalam segiempat yang dibentuk oleh keempat titik tersebut.
|
||||||
|
|
||||||
|
Metode yang digunakan adalah algoritma **Ray Casting**, yang umum dipakai untuk menentukan apakah sebuah titik berada di dalam poligon tertutup.
|
||||||
|
|
||||||
|
## Cara Kerja Program
|
||||||
|
|
||||||
|
- Input: 5 pasang koordinat (1 untuk titik Z, 4 untuk titik sudut segiempat).
|
||||||
|
- Output: "YA" jika titik Z berada di dalam segiempat, "TIDAK" jika berada di luar.
|
||||||
|
- Format Input: `Zx,Zy Ax,Ay Bx,By Cx,Cy Dx,Dy`
|
||||||
|
|
||||||
|
Contoh:
|
||||||
|
```
|
||||||
|
1,1 2,2 4,2 4,4 2,4 -> TIDAK
|
||||||
|
0,0 0,5 8,5 8,0 0,0 -> YA
|
||||||
|
-1,-1 0,0 -9,-9 -9,-9 -9,-9 -> YA
|
||||||
|
```
|
||||||
|
|
||||||
|
## Kesimpulan
|
||||||
|
|
||||||
|
Program ini bermanfaat untuk berbagai aplikasi geospasial, simulasi komputer, dan grafika, terutama untuk:
|
||||||
|
- Deteksi lokasi objek dalam batas area tertentu.
|
||||||
|
- Validasi input pengguna dalam bentuk koordinat.
|
||||||
|
- Pengolahan data spasial di GIS.
|
||||||
|
|
||||||
|
## Contoh Penerapan
|
||||||
|
|
||||||
|
- Menentukan apakah koordinat GPS berada dalam batas wilayah tertentu.
|
||||||
|
- Memeriksa apakah klik mouse terjadi di dalam tombol atau area gambar.
|
||||||
|
- Digunakan dalam game development untuk deteksi area aktif.
|
||||||
|
|
Loading…
x
Reference in New Issue
Block a user