# Titik Dalam Segiempat resingg Program ini digunakan untuk menentukan apakah suatu titik berada **di dalam** atau **di luar** segiempat pada bidang koordinat 2 dimensi. ## Penjelasan Singkat Sebuah segiempat dapat dinyatakan dengan 4 buah titik sudut. Diberikan satu titik lain (misalnya titik Z), kita ingin mengetahui apakah titik Z ini terletak di dalam segiempat yang dibentuk oleh keempat titik tersebut. Metode yang digunakan adalah algoritma **Ray Casting**, yang umum dipakai untuk menentukan apakah sebuah titik berada di dalam poligon tertutup. ## Cara Kerja Program - Input: 5 pasang koordinat (1 untuk titik Z, 4 untuk titik sudut segiempat). - Output: "YA" jika titik Z berada di dalam segiempat, "TIDAK" jika berada di luar. - Format Input: `Zx,Zy Ax,Ay Bx,By Cx,Cy Dx,Dy` Contoh: ``` 1,1 2,2 4,2 4,4 2,4 -> TIDAK 0,0 0,5 8,5 8,0 0,0 -> YA -1,-1 0,0 -9,-9 -9,-9 -9,-9 -> YA ``` ## Kesimpulan Program ini bermanfaat untuk berbagai aplikasi geospasial, simulasi komputer, dan grafika, terutama untuk: - Deteksi lokasi objek dalam batas area tertentu. - Validasi input pengguna dalam bentuk koordinat. - Pengolahan data spasial di GIS. ## Contoh Penerapan - Menentukan apakah koordinat GPS berada dalam batas wilayah tertentu. - Memeriksa apakah klik mouse terjadi di dalam tombol atau area gambar. - Digunakan dalam game development untuk deteksi area aktif.