Titik Dalam Segiempat resingg
Program ini digunakan untuk menentukan apakah suatu titik berada di dalam atau di luar segiempat pada bidang koordinat 2 dimensi.
Penjelasan Singkat
Sebuah segiempat dapat dinyatakan dengan 4 buah titik sudut. Diberikan satu titik lain (misalnya titik Z), kita ingin mengetahui apakah titik Z ini terletak di dalam segiempat yang dibentuk oleh keempat titik tersebut.
Metode yang digunakan adalah algoritma Ray Casting, yang umum dipakai untuk menentukan apakah sebuah titik berada di dalam poligon tertutup.
Cara Kerja Program
- Input: 5 pasang koordinat (1 untuk titik Z, 4 untuk titik sudut segiempat).
- Output: "YA" jika titik Z berada di dalam segiempat, "TIDAK" jika berada di luar.
- Format Input:
Zx,Zy Ax,Ay Bx,By Cx,Cy Dx,Dy
Contoh:
1,1 2,2 4,2 4,4 2,4 -> TIDAK
0,0 0,5 8,5 8,0 0,0 -> YA
-1,-1 0,0 -9,-9 -9,-9 -9,-9 -> YA
Kesimpulan
Program ini bermanfaat untuk berbagai aplikasi geospasial, simulasi komputer, dan grafika, terutama untuk:
- Deteksi lokasi objek dalam batas area tertentu.
- Validasi input pengguna dalam bentuk koordinat.
- Pengolahan data spasial di GIS.
Contoh Penerapan
- Menentukan apakah koordinat GPS berada dalam batas wilayah tertentu.
- Memeriksa apakah klik mouse terjadi di dalam tombol atau area gambar.
- Digunakan dalam game development untuk deteksi area aktif.
Description
Languages
Python
100%